Oleh: pdkclp | 13 November 2008

Kongres Guru Indonesia 2008

1000 Guru akan hadiri Kongres Nasional bertaraf Internasional

Sampoerna Foundation Teacher Institute (SF TI) bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional dan mitra lain akan menyelenggarakan Kongress Guru  Indonesia (KGI) pada 27-28 November 2008.  Kongres guru bertaraf internasional bertemakan “Think Global, Act Local” ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan akan dihadiri oleh lebih dari 1000 guru dari seluruh Indonesia selama 2 hari kongres. Sosialisasi mengenai penyelenggaraan KGI 2008 ini dilakukan oleh Dirjen PMPTK Depdiknas, Dr. Baedowhi M.Si., dengan Direktur SF TI Kenneth Cock di SFTI, Jakarta, 21 October 2008.

Dalam sosialisasi KGI 2008 tersebut, Kenneth Cock (Ken), Direktur SF TI menyatakan bahwa KGI bertujuan untuk mendukung profesionalisme guru-guru Indonesia. “KGI ini bertujuan untuk membantu guru-guru mengembangkan keahlian, pengetahuan dan keyakinan untuk mengeksplorasi hal baru.  Profesi guru adalah sebuah profesi yang sama dengan profesi-profesi lain yang perlu peningkatan kualitas secara berkala. KGI adalah kongres untuk guru dari seluruh Indonesia pertama yang bertujuan meningkatkan kualitas guru melalui tukar pengalaman dan wawasan,” ungkap Ken.

Lebih jauh, Ken berharap bahwa KGI 2008 dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para guru di Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya. “Kami sangat berharap, dengan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru-guru Indonesia, mereka akan memiliki kemampuan untuk bersaing secara global tapi tidak kehilangan identitasnya sebagai guru Indonesia” ungkap Ken.
SF TI selaku penyelenggara KGI tahunmulai dari tahun 2006, 2007 dan 2008, merupakan institusi guru swasta pertama di Indonesia yang menyampaikan kurikulum dan metode pengajaran berkualitas dari luar negeri.
Tahun ini, KGI mengundang 1000 guru dari seluruh Indonesia untuk berbicara tentang tema ”Think Global Act Local”. Pembicara-pembicara yang terlibat dalam KGI 2008 sangat beragam mulai Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo sampai pada pengamat dan praktisi pendidikan terkenal dari dalam maupun luar seperti Dr. Komaruddin Hidayat-Rektor UIN Syarif Hidayatullah, H.E Dr.Ediberto C.de Jesus mantan President of Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Council, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof. S. Gopinathan-Head, Centre of Research in Pedagogy and Practice NIE, NTU, Singapura,  Jim Dellit Adjunct Senior Research Fellow Division of Education, Art and Social Sciences, University of South Australia dan Jillian Delit-Director of The Learning Federation Secretariat, Australia.

Selain itu, KGI 2008 juga mengundang para kepala sekolah, guru, dan dosen Indonesia untuk menjadi pembicara. Makalah akan diseleksi oleh tim praktisi pendidikan dari    SF TI. Lebih dari 100 makalah yang masuk dan akan dipilih 10 makalah yang sesuai tema serta yang dapat memberi inspirasi dan dapat ditiru oleh para guru lain di seluruh Indonesia. Peserta KGI tahun 2007, Dra. Yuyu Yudiah dari SMA 106 Jakarta menyatakan “Para Pembicara benar-benar memiliki hal-hal yang menarik untuk dipresentasikan”

Dukungan untuk KGI 2008 juga datang dari sektor swasta. Deva Rachman, Communications Manager Exxon Mobil Indonesia (EMOI) menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pelaksanaan KGI 2008 sebagai bagian dari program pengembangan masyarakat EMOI. “Kami percaya KGI merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi guru-guru Indonesia untuk berbagi pengalaman, sehingga setiap guru dapat membawa pulang wawasan baru untuk pengembangan pendidikan daerah masing-masing,” jelas Deva.

KGI 2008 akan diselenggarakan pada Kamis-Jumat, 27-28 November 2008 di Balai Kartini Jakarta. KGI 2008 sangat menyambut baik dukungan dari berbagai pihak, baik individu maupun lembaga swasta ataupun pemerintahan untuk menjadi sponsor atau mengirimkan guru-guru di daerah masing-masing untuk mengikuti kongres ini. Sampai saat ini, pihak swasta yang mendukung KGI 2008 adalah Exxon Mobil Indonesia (EMOI), Mobil Cepu Ltd., Astra Federal Internationl Finance, ACE Insurance, Hero Tbk, Giant, Guardian, White Horse, Plaza Senayan dan ABC Radio Australia.

Informasi dan pendaftaran:

Sekretariat KGI 2008
Sampoerna Foundation Teacher Institute
Tower A, lantai 18 Jl. Jend. Sudirman Kav. 45, Jakarta 12930
Telp. 021-9127-6545; 5772275
Fax. 021-5772276 ; 559-601-79
E-mail:
<!–
var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to’;
var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘=’;
var addy95143 = ‘info.TI’ + ‘@’;
addy95143 = addy95143 + ‘sampoernafoundation’ + ‘.’ + ‘org’;
document.write( ‘<a ‘ + path + ‘\” + prefix + ‘:’ + addy95143 + ‘\’>’ );
document.write( addy95143 );
document.write( ‘<\/a>’ );
//–>\n info.TI@sampoernafoundation.org
<!–
document.write( ‘<span style=\’display: none;\’>’ );
//–>
Alamat e-mail ini telah diblok oleh spam bots, Anda membutuhkan Javascript untuk melihatnya
<!–
document.write( ‘</’ );
document.write( ‘span>’ );
//–>


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: